Menu
Marnova
Serba-serbi Sepatu dan Tas Berbahan Kulit
Created Date: 2014-05-24
Kulit adalah bahan yang tak lekang oleh zaman untuk sebuah produk fashion, seperti tas dan sepatu. Selain kuat, bahan kulit memiliki struktur yang dapat menambah estetika. Ngai Marnova merupakan salah seorang desainer yang kerap mengandalkan bahan kulit sebagai bahan baku tas dan sepatu koleksinya. Namun, dalam membiarkan tas dan kulit tampil alami dengan warna kulit asli.
 
Untuk menghadirkan variasi yang lebih segar, wanita yang baru saja membuka butiknya dengan label Marnova ini menampilkan tas dengan warna-warna cerah, seperti fushia, hijau, emas, coklat, maupun hitam. Upaya tersebut dilakukan supaya tas dari kulit sapi maupun kulit ular piton, misalnya, tetap dapat mengikuti tren.
 
Perancang yang akrab dipanggil Nova ini memilih kulit yang memiliki tekstur, selain memiliki kelembutan. Tekstur kulit menjadi estetika untuk menggantikan aksesori yang biasa menempel pada sepatu maupun tas, seperti sisik ular piton yang mampu menampilkan struktur dalam tas maupun sepatu. Selain kulit yang disamak licin, Nova menggunakan kulit yang masih menyisakan bulu dalam rancangannya.
 
Seperti halnya sisik kulit ular, kulit berbulu tipis dan halus mampu menambah feminine sepatu berbentuk flat dengan ujung runcing. Warna cokelat dengan motif lengkung menghadirkan efek alami. “Saya menggunakan ujung lancip yang berwarna lebih terang sebagai tren yang tengah berkembang,” ujar dia dalam pembukaan butik di Colony, Kemang, Jakarta Selatan.
 
Untuk sepatu, Nova mendesain dalam bentuk flat dan wedges yang dapat dipadukan dengan pakaian kasual sehari-hari maupun untuk acara-acara tertentu. Selain itu, model flat lainnya berupa sepatu dalam bentuk ballerina shoes yang berbentuk melengkung. Sepatu yang sangat lentur didesain dari kulit piton yang ponyhair.
 
Sementara itu, untuk tas, Nova menampilkan desain evening bag yang didesain multiguna hingga oversized handbag. Tas yang muncul dalam berbagai warna, baik warna cerah maupun gelap dilapisi dengan kulit domba yang halus dan tahan lama. Selain bahan bersertifikat, Nova mempertahankan kualitas tas dengan hanya membuat koleksi terbatas untuk setiap desain. Selain itu, para konsumen diberikan ruang bebas untuk memberikan sentuhan pribadi dengan pilihan kombinasi material, tekstur, dan warna yang diinginkannya. “Tetapi untuk desain tetap saya,” ujar wanita berkulit bersih itu. Tas yang dibuat secara handmade itu dibanderol dengan harga 2,8 juta rupiah sampai 5 juta rupiah, sedangkan sepatu dibanderol dengan harga 850 ribu rupiah ampai 1,1 juta rupiah.



Penulis: Dini Daniswari
Sumber: Koran Jakarta / 10 November 2013 / page 11